1.05.2010

nyuci piring yuuk.

gambar dari sini

Kalau bingung mau mulai hidup frugal dari mana, aku ajak untuk mulai dari kebiasaan yang tiap hari kita lakukan. Mencuci piring!! :D Mencuci piring adalah salah satu aktivitas yang menyenangkan buat aku dari kecil, karena bisa jadi salah satu excuse untuk bisa main air, hehe. Ada saatnya sih aku males cuci piring, terutama kalo liat bak cuci penuh dengan piring-piring berlemak.

Kenapa aku ajak dari mencuci piring? Karena kegiatan ini rawan sekali terkena penyakit penghamburan air, dan juga karena kegiatan ini adalah salah satu kegiatan yang paling sering kita lakukan. Jadi satu perubahan kecil dalam mencuci piring, dampaknya akan sangat besar.

Kumpulin dulu piring dan gelas yang dicuci. Mencuci satu-satu piring dan gelas memang meringankan beban sih, tapi kalau kita bisa mencuci beberapa piring dan gelas bersamaan, air yang digunakan lebih sedikit.

Sebelum mencuci, pastinya kita membersihkan sampah di piring-piring kan? Nah, karena sebagian besar sampah dari piring ini sampah sisa makanan alias sampah organik, ngga ada salahnya kalau kita menyediakan keranjang takakura (tempat pengomposan) dekat bak pencuci piring. Selain bisa mengurangi timbulan sampah, bisa untuk kompos tanaman kita juga :p 

Salah satu keprihatinan terbesar aku kalau memperhatikan orang lain mencuci piring adalah dari cara menyalakan kran. Sering kali orang mencuci piring dengan kran menyala sangaaaatt besar. Sepertinya ada sugesti tersendiri, nyucinya ngga akan bersih kalau krannya ngga besar. Padahal kan ngga harus sebesar itu untuk mencuci piring dengan bersih. Pakai air secukupnya aja, pasang kran sekecil mungkin. Ngga perlu sampe kecil banget juga sih, 1/3 dari kapasitas maksimum kran sepertinya cukup.

Matiin air kalau kita ngga sedang membilas cucian. Kadang aku melihat orang yang sepanjang aktivitas mencuci piring, kondisi kran terbuka saat tidak membilas, termasuk saat menyabuni piring gelas. Air dibiarkan mengalir begitu saja. Sebetulnya yang seperti ini juga sering aku lihat kalau orang menggosok gigi atau mencuci tangan. Jadi jangan lupa, kalau airnya ngga lagi dipake, tolong dimatikan :)

Untuk menghemat air selama mencuci, sabuni dulu semua piring atau gelas yang tidak berlemak. Nah, air bilasan sabunnya bisa untuk membilas piring, gelas, dan sendok yang ditaruh dibawahnya. Lemak-lemak langsung larut ;) Mungkin ada yang terbiasa merendam semua cucian ke dalam bak cuci berisi air sabun hangat. Hm.. cara ini bisa juga dilakukan, tapi tampaknya lemak yang satu bisa nempel ke piring lain. Aku pribadi sih ngerasa kurang bersih dengan cara itu.

'Ah, itu kan biasa aja, Dan..' Kalau udah biasa nyuci seperti itu, ya..bagus :) Atau mungkin punya tips-tips lain selama mencuci piring? Ayo, mari dibagi di sini. Tapi kalau belum, yuk dicoba. Keliatannya sih sepele, tapi kadang kita lupa sama hal-hal yang sepele. Kalau yang nyuci piring mbak/bibi di dapur, yuk, sama-sama mengingatkan. Kalau hemat air, uang retribusi air bisa dihemat juga.. :) Tentunya penghematan air dalam jangka panjang juga kan?

5 comments:

Lilya said...

sharing mbak dan :)... mungkin bisa dikategorikan sbg penghematan (biaya dan sumber daya) hehehe...
- pake sabun cair yang diencerkan (dlm mangkok), drpd sabunnya lgs dituang di barang cucian - jd lbh banyak perlu air pembilas
- urutan cuci supaya sabut tdk lekas kotor : gelas (terutama yg tdk berlemak dulu - bekas santan sll) - sendok garpu (cutleries) - piring (sama, dr yg non lemak dulu) - baru deh alat masak, panci, wajan dll.

hehe... semoga bermanfaat.

rani said...

nyuci piring bisa bikin enteng jodoh juga dan *OOT* :D

http://kun.co.ro/2010/04/04/cuci-piring/

bentanio said...

saya malas kalo nyuci piring, tapi demi kebrsihan lingkungan rumah dan untuk mendisplinkan diri, penting itu yang namanya nyuci pring sendiri

oh ya,

titip lapak ya ... saya bloger pemula pro lingkungan

bentanio.blogspot.com

tiwiwtea said...

Mbak, aku ijin copy-paste tulisannya untuk Grup ku dan temen2 di FB ya...
rencananya belajar jadi Rumah Zero Waste,
Nama grup nya "menuju Rumah Tanpa Sampah", ikut join yuk, biar bisa sharing ama temen2 disana...masih kekurangan narasumbe soalnya.
Makasih :)

cassia vera said...

@bentanio : sori baru bales nih.. lapaknya mau diapain? :p

@tiwiwtea : silakan :)