1.03.2010

kantong kresek.

Bukan shopping shopping ala tante tante yang nyari diskonan gitu, tapi blanja kebutuhan sehari-hari di rumah. Blanja di supermarket ato blanja di pasar, ada satu masalah yang sama, KANTONG KRESEK!!! hm...kenapa ya, penggunaan kantong kresek ini ngga bisa mulai dikurangi.

Pertama di supermarket. Ok, memang beberapa item harus dipisah. Masa' makanan disatuin sama detergen, ngga mungkin lah. Tapi kalo makanan yang terbungkus rapi, kaya biskuit dan teman-temannya itu disatuin sama sampo, sabun, kayanya masi ngga papa deh. Royal amat si ngasih plastik. Bukan masalah karena ngga usah bayar plastik, tapi betapa gampangnya kita menggunakan plastik kresek itu untuk sesuatu yang ngga penting-penting amat. 

Next, di pasar. tiap kita pindah dari satu tukang ke tukang yang lain, nambah satu kresek. Yah, kalo di pasar, banyak hal yang lebih bisa dimaafkan lah. Mungkin yaa... misalnya gini, Beli ayam, ngga mungkin kan kalo ngga diplastikin?!?!

Ada alasan-alasan yang ngga bisa kita hindari sehingga kita tetap pakai kantong plastik. Hal ini juga yang membuat aku sebenernya kurang sepakat dengan yang namanya kampanye ANTI PLASTIC BAG. Sori, kampanye yang terlalu utopis menurut aku tidak bekerja pada masyarakat kita. Menurutku lo ya.. Ngga perlu lah, sampe anti, toh aku rasa kita juga ngga mungkin idup tanpa bantuan si kantong kresek itu. Cuma mungkin penggunaan yang dikurangi dan lebih bijak. That's the point!!!! Cobalah, mulai dari hal-hal kecil, kebiasaan-kebiasaan yang terlihat sepele. Berapa banyak orang yang masih menyimpan kantong kresek yang masih bisa dipake, untuk dipake lagi? Berapa banyak orang yang akan menolak kasir kalo dirasa penggunaan kantong kresek itu ngga penting? Mudah-mudahan masih banyak ya..

Sayangnya, sistem persampahan di Indonesia tidak belum terintegrasi. Belum ada sistem pemilahan dan standar bagaimana masyarakat harus membuang sampah. Jadi jumlah timbulannya masih banyak, belum bisa tereduksi secara optimal. Jadi ya mau ngga mau kita 'terpaksa' menggunakan kantong kresek itu untuk membuang sampah harian. Kalau mau membantu mereduksi timbulan sampah (yang juga mengurangi kantong kresek untuk membuang sampah), kita bisa mengubur sampah dapur (sampah organik) di halaman seperti yang dilakukan orang-orang jaman dulu, atau bisa dengan metoda takakura. -Untuk yang terakhir nanti dibahas terpisah ya.. :)-  

Ada satu solusi. Bawa tas belanjaan sendiri!!! Heehehhehe... Tapi, ya itu.. Pertama, kadang-kadang belanjanya mendadak, dan kebetulan tasnya lupa dibawa. Ya mo gimana lagi? Kedua, tasnya yang ngga mengakomodasi dengan baik kebutuhan kita. Seperti misalnya, bahannya yang cepet rusak, jaitannya yang ngga bener, kemasannya yang ngga 'handy' alias ngabisin tempat kalo dimasukin ke tas kita. Yah, gimana orang-orang mo pake tas 'ramah lingkungan' ini kalo banyak masalahnya?

Solusi lain? Bikin rajutan dari 'benang' kantong kresek. Hm.. aku udah pernah nyobain sih, tapi agak repot juga sih bikinnya. Perlu hakpen yang besar dan tenaga yang buanyak untuk bikin satu tas dari kresek ini. Lumayan pegel tangannya soalnya benang kresek ini ngga selentur benang biasa. Padahal kalau jadi kerajinan lumayan juga loh, karena satu tas bisa menggunakan sekitar 30-50 kantong kresek. Cuma ya harus telaten banget bikinnya. Padahal kalau dikembangkan, selain bisa mereduksi sampah kresek, bisa juga jadi lapangan pekerjaan untuk ibu-ibu 'pengangguran' hehehe..

Untungnya sekarang udah mulai banyak tas belanja lucu-lucu yang ngga nyusahin untuk dibawa ke mana-mana. Tinggal dilipet sampe kecil, dikancing, dan ada gantungannya. Jadi bisa sekalian jadi gantungan kunci :p Yang masih aku pengen, tas-tas belanja dengan bahan seperti yang banyak dipake di Jepang atau Korea. Bukan karena produk import jadi keren. Tapi karena bahannya bagus, lebih kuat, dengan motif yang lucu-lucu, desain tasnya juga keren. Jadi ngga cuma bisa dipake belanja aja, tapi bisa jadi tote bag gaya.

Saat ini hanya kurang dari 1% kantong plastik yang mampu didaur ulang dengan biaya yang sangat mahal. Daur ulang satu ton kantong plastik menghabiskan biaya sekitar 40 juta rupiah, sementara produksi satu ton plastik hanya menghabiskan  sekitar 350 ribu rupiah.

Kalau kita bisa menghemat satu kantong plastik saja setiap hari, berarti kita menghemat 365 kantong plastik setahun. Kalau kita menggunakan kantong plastik selama 50 tahun, berarti kita menghemat sekitar 20.000 kantong plastik. Kalau 200 juta penduduk di Indonesia bisa melakukan penghematan ini, berarti kita bisa menghemat 4 trilyun kantung plastik :) 

So, be wise with plastic bags  :)

*repost dan diedit ulang dari blog multiply jadulku, 26 Maret 2008 

3 comments:

Ceniza Akbar said...

Hayyooo pas ke pasar baru belanja jilbab ada duo TL yang pake kresek lhooo :P hehhee. Mba, itu di DAISO ada yang lucu2 motif tasnya, murmer 22rb saja :)

BTW, udah 3 bulan belakangan gue gak nolak kalo belanja dikasih kresek. Karena fungsinya sebagai kantong muntah ibu hamil dan bisa dipake buat kantong tempat sampah. Jadi memang benar, bukan menTIADAkan kantong, but use it wisely :)

cassia vera said...

hahahha.. kreseknya kan bisa dipake lagi buat tempat sampah cic.. tapi kalo ngga salah ngga tiap toko kita minta kresek deh.. satu orang cukup satu kreseknya :p

nina said...

Dan, sharing nih. Pertama kita tau tentang 'tas belanja' pas di brisbane taun 2007. si buduh ini takjub banget ma ide 'tas belanja kain' sampe oleh2 buat keluarganya tas belanja (huehehe!). Terus mulai nerapin hal yang sama bintaro. Secara di bintaro tiap bulan kalo bayar air dapet tas plastik kresek ijo buat organik dan item buat non-organik (waktu itu belum tau composting). Pindah ke bpn ngga dapet jatah plastik. Akhirnya kita sempet dilema. Bawa tas sendiri, tetep aja butuh plastik buat buang sampah. Tapi karena disini sampah organik udah kita kubur di halaman alias composting, lumayan deh cuma buat sampah yang laen.
Gitu ceritanyah...