4.22.2010

merayakan 'ulang tahun' bumi

..
Tuhan, semoga bumi ini tidak sakit lagi

Tuhan, semoga orang-orang di dunia bisa menghemat air

Tuhan, semoga orang-orang bisa sayang sama pohon dan ngga ditebangin lagi

Tuhan, semoga orang-orang tidak membuang sampah sembarangan lagi

Tuhan, semoga orang-orang tidak banyak pake plastik lagi

Amiin

Doa teman-teman kecilku di hari 'ulang tahun' bumi

..

Hari ini adalah Hari Bumi. Kata salah seorang teman kecilku, hari ini bumi berulang tahun, jadi harus dirayakan, sama seperti ketika orang-orang, teman-teman, dan sanak saudara merayakan ulang tahunnya.

Apakah semua orang yang mengenal bumi merayakannya?

Ya, semua orang di bumi merayakannya. Setiap hari malah. Mereka merayakannya dengan setiap hal yang dilakukannya. Hanya saja cara merayakannya atau menyampaikan kasih sayang mereka ke bumi berbeda..

Yang disayangkan, banyak sekali orang yang 'merayakan' bumi dengan menganggap mereka berkuasa atas bumi. Orang-orang ini yang merayakannya dengan membuang sampah sembarangan, membakar sampah termasuk sampah plastik yang berbahaya untuk dibakar, mengeraskan lahannya sehingga air hujan tidak bisa lagi menyelinap masuk menjadi air tanah. Mereka juga masih merayakannya dengan menggunakan plastik dan styrofoam, mereka menggunakan air dengan foya-foya.

Untungnya, masih ada orang-orang yang benar-benar merayakannya. Sedikitnya kalau tidak bisa merayakannya besar-besaran, mereka berusaha untuk merayakannya dengan kasih sayang dari hal-hal yang kecil. Salah satunya teman-teman kecilku di Rumah Belajar Semi Palar.

Hari ini adalah hari perayaan 'ulang tahun' bumi yang istimewa untukku. Aku merayakannya dengan teman-teman kecilku yang berusaha untuk mengurangi polusi sedikitnya pagi ini. Kita berjalan bersama dari tempat kumpul tidak jauh dari sekolah. Beberapa pergi ke sekolah dengan bersepeda bersama. Setelahnya kita berdoa sama-sama untuk bumi supaya segera sembuh dari 'sakit'

Tidak cukup dengan itu, kita jalan-jalan ke lingkungan sekitar sekolah sambil mungutin sampah. Wah, semangat sekali teman-teman mengerjakannya! :) Setelah selesai mungut sampah, kita bikin karya bersama!! Instalasi sampah plastik yang mengurung bumi kita. Teman-teman juga menuliskan doa-doa untuk bumi kita di tembok sekolah. Masih belum puas lagi kita merayakan ulang tahun ini, kita nonton "Earth" sama-sama. Saking asiknya merayakan pesta ulang tahun, sampai ngga sempet foto-foto untuk dipajang di sini. Hehe.. semoga perayaan tahun depan kita masih bersama ya.. Jadi aku bisa pasang foto-foto keren dan asik di sini.

Ternyata teman-temanku dari TK sampai SD kelas 4 ini memang peduli dengan lingkungan dan bumi kita.  Terima kasih teman-teman telah menemaniku merayakan 'Hari Bumi' kali ini. Semoga langkah-langkah 'kecil' yang teman-teman lakukan ini adalah sebuah benih yang akan berbunga dan tumbuh subur menyejukkan bumi ini. Semoga tetap terpupuk dan bisa menularkan kepedulian ini ke semua orang yaa...


Selamat Hari Bumi!!

1 comment:

Bubu Ami said...

loh, mana foto-fotonya?

.yk.